Keahlian yang Dibutuhkan Perusahaan Tahun 2017

Keahlian yang Dibutuhkan Perusahaan Tahun 2017

Apa resolusi Anda tahun depan? Jika baru lulus kuliah, mungkin Anda ingin segera mendapat pekerjaan. Bila selalu jenuh pada tempat kerja sekarang, mungkin Anda mau “pindah kapal” pada 2017.

Kalau punya harapan untuk mendapat pekerjaan baru di tahun depan, Anda bisa mulai mengambil ancang-ancang dari sekarang. Menurut data LinkedIn, biasanya banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan pada Oktober. Mereka mulai menyebarkan informasi di situs jejaring sosial tersebut.

Setelah memahami tren ini, LinkedIn mencoba menganalisis aktivitas perekrutan yang terjadi. Mereka lalu mengidentifikasi kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja terampil. Dengan begitu, kandidat pegawai bisa mengetahui keterampilan yang harus diasah agar bisa mendapat pekerjaan tahun depan. Berikut beberapa keahlian yang paling dicari pada 2017 seperti dikutip dari businessinsider.co.id.

Keahlian yang berkaitan dengan teknologi

Pencarian tenaga kerja dengan keterampilan yang berkaitan dengan teknologi akan bersinar. Sebab, perusahaan membutuhkan teknologi mutakhir untuk tetap kompetitif. Perusahaan memerlukan programmer dengan keahlian cloud computing hingga ahli dalam analisis data dan statistik pertambangan. Jika Anda belum menguasai keahlian tersebut, segera belajar dari sekarang. Dengan begitu, Anda bisa lebih “laku” di pasar tenaga kerja.

Keahlian mendesain tampilan situs web

Di zaman modern ini, semakin banyak orang yang melek teknologi. Produsen produk pun ingin mendekati konsumen lewat dunia maya. Maka mereka butuh orang dengan yang bisa mendesain tampilan situs perusahaan agar lebih menarik. Setiap situs web perusahaan juga harus memberi kemudahan pada konsumen untuk mencari informasi produk hingga menyampaikan keluhan.

Anda bisa mempelajari tentang HTML dan cara untuk membuat tampilan pada situs web. Menurut marketinginsidergroup.com, ilmu ini bisa dikuasai dalam waktu beberapa bulan, jika Anda tekun. Dengan menguasai keahlian ini, Anda bisa mengubah tampilan web, membuat halaman situs yang berisi gambar dan video atau bahkan formulir untuk mendapat informasi.

Kebutuhan tenaga ahli pemasaran yang mengerti SEO/SEM menurun

Pada beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan menginginkan tenaga pemasaran yang mengerti tentang SEO/SEM. Sebab perusahaan sedang mengembangkan situs web sebagai media untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Ahli marketing yang memahami SEO/SEM tahu bagaimana cara agar informasi yang ada pada situs perusahaan sampai kepada pembaca.

Permintaan akan tenaga bidang pemasaran ini mengalami penurunan. Hal ini karena perusahaan telah memiliki sumber daya manusia terbaik yang ahli marketing. Namun, untuk Anda yang sudah terlanjur kuliah pemasaran atau menggeluti bidang ini bisa menambah keahlian spesifik. Sehingga Anda menjadi kandidat utama yang dilirik perusahaan.

Anda bisa mengasah kemampuan analisis data. Sebab, saat ini semua orng bisa mendapat informasi data dengan mudah di mana-mana. Namun, pemangku kebijakan di perusahaan butuh penjelasan dari data tersebut. Jika pegawai di bidang pemasaran mengetahui cara mengolah dan menganalisis data, maka dia bisa memberi masukan yang berarti untuk perusahaan.

sumber tulisan: (http://www.qerja.com/journal/view/3182-keahlian-yang-dibutuhkan-perusahaan-tahun-2017/)