Tips Menulis Resume Untuk Profesional Di Bidang Teknologi

Kesempatan mencari pekerjaan di bidang teknologi terbuka bagi semua peminat. Salah satu instrument yang paling umum digunakan adalah resume. Selain mendapat perhatian perusahaan, Resume yang baik juga membuka peluang yang lebih besar bagi seorang kandidat di antara pelamar pekerjaan lainnya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan pastinya bermanfaat saat Anda membuat resume:

Mulailah dengan informasi umum

Mendapatkan perhatian pembaca pada saat pertama kali melihat resume Anda adalah hal penting pertama yang harus Anda perhatikan. Pastikan nama Anda ditulis dengan font yang cukup dan tebal agar nama Anda melekat pada perhatian pembaca. Selain itu, penting untuk mencantumkan title seperti software developer, atau mungkin sesuatu yang lebih spesifik seperti Ruby on Rails Developer. Hal tersebut bertujuan untuk mengarahkan cara berpikir pembaca lebih fokus pada bidang spesialiasi Anda. Jangan lupa untuk mencantumkan profile github dan linkedIn, dan bahkan blog atau website personal jika ada.

Berikan deskripsi yang ringkas dan padat

Tidak mudah untuk menjelaskan diri kita baik dari sisi personal maupun profesional hanya dalam sebuah ringkasan. Ringkasan yang baik harus menjelaskan siapa diri kita dan bagaimana pengalaman kerja sebelumnya dapat membawa value dan skills untuk pekerjaan yang akan datang. Usahakan selalu fokus pada keahlian dan kemampuan yang berhubungan dengan industri teknologi. Rangkaian kata-kata indah dan filosofi tidak begitu penting dibandingkan dengan sederet pengalaman yang bisa Anda cantumkan.

Tunjukkan keahlian Anda!

Pastikan daftar kemampuan dan keahlian yang Anda miliki tertulis dalam urutan yang teratur dan rapi sehingga mudah dipahami secara cepat. Misalnya, kemampuan Anda dapat dibagi ke dalam beberapa kategori seperti, bahasa pemrograman, kerangka berpikir, dan metodologi.

Cantumkan sebanyak mungkin projek-projek yang pernah Anda kerjakan

Projek-projek yang pernah Anda kerjakan adalah bukti bahwa Anda benar-benar kompeten pada bidang yang digeluti. Pada setiap projek, berikan deskripsi singkat mengenai aplikasi dan teknologi yang digunakan, serta kontribusi pribadi Anda terhadap projek tersebut jika tergabung dalam sebuah grup. Akan lebih baik jika Anda mencantumkan periode pengerjaan projek, link terhadap aplikasi yang pernah dibuat atau profile Github Anda. Jangan lupa untuk terus update daftar projek tersebut seiring dengan bertambahnya projek-projek yang Anda selesaikan.

Pengalaman adalah segalanya

Berikan informasi mengenai pengalaman Anda di bidang teknologi mulai dari yang paling updated dan memiliki relevansi. Hal tersebut berguna membawa kemampuan teknis Anda menjadi pusat perhatian. Hindari pengulangan penjelasan mengenai kemampuan dan keahlian yang sudah disebutkan sebelumnya di bagian lain resume Anda. Anda dapat cantumkan berapa total jam yang sudah digunakan untuk pengerjaan pemrogaman, seperti 1000+ jam pemrogaman, untuk menunjukkan jam terbang Anda. Tonjolkan juga pengalaman Anda dalam teamwork sebuah grup ataupun bersama seorang partner. Hal tersebut membuktikan Anda memiliki sisi lain dari teknis seperti conflict management, bagaimana cara bekerja yang efektif dalam sebuah tim, dan bahkan bekerja dengan beberapa orang dengan latar belakang keahlian yang berbeda-beda. Berikan gambaran mengenai keahlian dan kemampuan Anda yang dapat diaplikasikan pada pekerjaan yang baru di industri teknologi, seperti kepemimpinan, reset, analisis data dan penulisan laporan.

Latar belakang pendidikan

Sertakan latar belakang pendidikan Anda yang berhubungan dengan industri teknologi. Mulai dari gelar sarjana di universitas hingga pelatihan-pelatihan bersertifikasi atau kelas-kelas intensif.

Apakah perlu mencantumkan hobi dan minat?

Untuk yang satu ini sebenarnya tidak ada jawaban pasti dan mutlak. Terkadang pembaca tertarik untuk melihat keterangan mengenai hobi dan minat pelamar pekerjaan, tapi ada juga yang menganggap bahwa hal tersebut sama sekali tidak penting dan tidak relevan. Yang paling penting sebelumnya memutuskan apa yang akan dimasukkan ke dalam resume adalah apakah keterangan hobi dan minat tersebut dapat mendukung sisi personal dan membuat Anda lebih menonjol sebagai kandidat karyawan di tempat yang baru? Pada akhirnya, Andalah yang akan memutuskan apa yang dirasa benar.

Resume adalah dokumen yang dinamis. Seiring dengan bertambahnya pendidikan dan pengalaman kerja Anda, maka akan bertambah pula informasi pada resume Anda. Yang terpenting adalah usahakan agar resume Anda merefleksikan identitas diri Anda yang sebenarnya, baik dari sisi personal maupun teknis. Dengan dibantu format yang jelas dan rapi, resume tersebut akan membantu Anda mendapatkan interview dan bahkan perkerjaan yang Anda harapkan.

 

(sumber: www.hacktiv8.com )