Mobile Application Technology

Perubahan yang cepat dalam pengembangan teknologi mobile telah membuka peluang baru dalam meningkatkan dan mengefektifkan kinerja proses bisnis. Pengguna cenderung untuk selalu online dan bisa terhubung dengan jaringan dimanapun dan kapanpun berdampak pada pertumbuhan industri mobile di Indonesia.


Mempelajari bidang komputasi mobile dan komunikasi di ISTB menjadi pengalaman yang menantang dan menyenangkan. Di sini mahasiswa memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai Teknologi Mobile khususnya perangkat lunak, ketrampilan teknis dan kecakapan interpersonal yang diperlukan untuk menerapkan teknologi ini dalam konteks yang tepat.


Program peminatan Mobile Application Technology (MAT) memberikan pengetahuan bagi mahasiswa tentang unsur-unsur penting pemrograman, internet dan basis data untuk dapat mengembangkan ketampilan mereka dalam perancangan arsitektur perangkat bergerak dengan menkombinasikan pada unsur kewirausahaan dan bagaimana mengubah ide menjadi aplikasi dengan kegunaan yang tinggi.

Program M.A.T memberikan pengetahuan teknis yang meliputi:

  • Algoritma dan Pemecahan Masalah
  • Bahasa Pemrograman dengan C++ dan JAVA
  • Komputasi Matematika
  • Basis Data
  • Teknologi Mobile untuk aplikasi Interaktif dan Game

Kurikulum M.A.T didisain sedemikian rupa setelah melalui research Industri yang menyimpulkan bagaimana saat ini Industri sangat memerlukan tenaga IT yang memiliki kualifikasi khusus dibidang Teknologi Mobile. Tingkatan keberhasilan dibagi menjadi empat stage yaitu :


Tahun Pertama

Tahun pertama mahasiswa dipersiapkan dengan pengetahuan karakter sebagai salah satu fokus ISTB untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya berhasil dibidang Teknologi namun juga berkarakter sesuai dengan standar Industri.


Tahun Kedua

Tahun Kedua mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar dari Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer sebagai ilmu fundamental yang harus diketahui sehingga siap menjadi pengembang yang mampu mengikuti trend Teknologi.

Tahun Ketiga

Memasuki tahun ketiga, mahasiswa diharapkan telah siap untuk mendapatkan pengetahuan aplikasi dari dasar-dasar yang telah dipelajari. Di tahun ini mahasiswa mulai mempelajari mengenai teknologi mobile, Location Based Services, Android, Pengembangan Game hingga dasar dari pemodelan 3D untuk aplikasi Mobile.


Tahun Keempat

Tahun keempat diperuntukan bagi mahasiswa yang telah siap untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh menjadi sebuah project.

Kompetensi Inti


Lulusan mampu merancang dan atau mengembangkan pemrograman komputer dalam bentuk program aplikasi berbasis mobile atau sistem dengan variasi bahasa pemrograman serta dapat mengimplementasikannya dengan menggunakan metode, teknik, dan alat bantu tertentu serta dokumentasinya (Android Software Engineer, Android Developer Entreupreneur, Mobile Appplication Developer, Mobile system Designer, Android Game developer).

  • Lulusan mampu menguasai beberapa bahasa pemrograman (C++, Java).
  • Lulusan mampu merancang dan mengembangkan pemrograman aplikasi berbasis mobile
  • Lulusan mampu merancang dan mengembangkan pemrogramanan game berbasis mobile
  • Lulusan mampu menerapkan hasil aplikasi MAT ke dalam dunia usaha dan dunia industri

Program ini menghasilkan lulusan yang dapat berkarir sebagai :

  • Mobile Application Developer
  • Mobile Software Engineering
  • Programmer
  • IT Mobile Specialist
  • IT Entrepreuner